Jalan Mana Sih yang kalian Pilih???



Assalamualaikum Wr.Wb.
#Jalan Mana Sih yang Saya akan Pilih???

Pada artikel ini kita bakal bahas tentang jalan hidup yg bakalan kita tempuh,, dan sebenarnya ni pokok bahasan udah umum pastinya lah,, nah kalo di Tanya jalan mana yg bakalan kalian pilih pasti ada hubungannya jga dgn yg namanya cita2 kalian bukan??? (sok tau yaa...) -.-‘ hehe..


Kemudian ...

AutoCAD 2012



 AutoCAD 2012 merupakan software komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Nah dari seluruh produk keluarga AutoCAD, software CAD merupakan software paling banyak digunakan di seluruh dunia. AutoCAD biasanya digunakan oleh para insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain. Sampai saat ini AutoCAD 2012 masih menjadi versi terbaru keluaran software design 3 dimensi ini.
Seperti yang kita ketahui bahwa wawasan ini sangat jarang ditemukan di jenjang pendidikan sekolah menengah atas (SMA), karena wawasan ini rata-rata didapatkan di jenjang kuliah, itu pun dikarenakan jurusan apa yang kita ambil pada jenjang kuliah.

Memblok Situs Tertentu Dengan Router & Proxy Linux Debian


Internet Merupakan sarana pelayanan virtual yang kita ketahui didalamnya terdapat berbagai jenis informasi yang bermanfaat maupun hal-hal yang tidak bermanfaat.
Terutama bagi anak-anak dibawah umur sangatlah berbahaya jika mereka mendapatkan hal-hal negative dari internet.
Pada artikel Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai bagaimana cara memblok situs-situs yang tidak bermanfaat / bersifat negative bagi masyarakat melalui konfigurasi Router & Proxy Linux Debian.

Manfaat Debat Bahasa Inggris Bagi Pendidikan



Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Namun saat ini debat yang akan kita bahas adalah :
Debat kompetitif yaitu debat dalam bentuk permainan yang biasa dilakukan di tingkat sekolah dan universitas. Dalam hal ini, debat dilakukan sebagai pertandingan dengan aturan ("format") yang jelas dan ketat antara dua pihak yang masing-masing mendukung dan menentang sebuah pernyataan.

Dalam debat kompetitif tedapat gaya Debat Proposal (Policy Debate), dua tim menjadi penganjur dan penentang sebuah rencana yang berhubungan dengan topik debat yang diberikan. Topik yang diberikan umumnya mengenai perubahan kebijakan yang diinginkan dari pemerintah. Kedua tim biasanya memainkan peran Afirmatif (mendukung proposal) dan Negatif (menentang proposal). Pada prakteknya, kebanyakan acara debat tipe ini hanya memiliki satu topik yang sama yang berlaku selama setahun penuh atau selama jangka waktu lainnya yang sudah ditetapkan.

 Debat disaksikan oleh satu atau beberapa orang juri yang ditunjuk untuk menentukan pemenang dari sebuah debat. Pemenang dari debat kompetitif adalah tim yang berhasil menunjukkan pengetahuan dan kemampuan debat yang lebih baik.
 debat kompetitif tidak bertujuan untuk menghasilkan keputusan namun lebih diarahkan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan tertentu di kalangan pesertanya, seperti kemampuan untuk mengutarakan pendapat secara logis, jelas dan terstruktur, mendengarkan pendapat yang berbeda, dan kemampuan berbahasa inggris masing-masing peserta.

Kejuaraan debat kompetitif parlementer tingkat dunia yang paling diakui adalah World Universities Debating Championship (WUDC) dengan gaya British Parliamentary di tingkat universitas dan World Schools Debating Championship (WSDC) untuk tingkat sekolah menengah atas.
Negara-negara yang terkenal dengan tim debatnya antara lain Inggris,Australia,Irlandia , dan Amerika Serikat. Di Asia, negara yang dianggap relatif kuat antara lain Filipina dan Singapura.
Di Indonesia, debat kompetitif sudah mulai berkembang, ada beberapa aturan yang sering dipakai pada debat kompetitif ini yang diterapkan di Indonesia sebagai berikut :
Australian Parliamentary/Australasian Parliamentary ("Australs")
Gaya debat ini digunakan di Australia, namun pengaruhnya menyebar hingga ke kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan di Asia, sehingga akhirnya disebut sebagai format Australasian Parliamentary. 
Dalam format ini, dua tim beranggotakan masing-masing tiga orang berhadapan dalam satu debat, satu tim mewakili Pemerintah (Government) dan satu tim mewakili Oposisi (Opposition), dengan urutan sebagai berikut:


1.    Pembicara pertama pihak Goverment - 7 menit
2.    Pembicara pertama pihak Oposisi - 7 menit
3.    Pembicara kedua pihak Goverment - 7 menit
4.    Pembicara kedua pihak Oposisi - 7 menit
5.    Pembicara ketiga pihak Goverment - 7 menit
6.    Pembicara ketiga pihak Oposisi - 7 menit
7.    Pidato penutup pihak Oposisi - 5 menit
8.    Pidato penutup pihak Goverment - 5 menit
Pidato penutup (Reply speech) menjadi ciri dari format ini. Pidato penutup dibawakan oleh pembicara pertama atau kedua dari masing-masing tim (tidak boleh pembicara ketiga). Pidato penutup dimulai oleh Oposisi terlebih dahulu, baru Government.

Asian Parliamentary ("Asians")

Format ini merupakan pengembangan dari format Australs dan digunakan dalam kejuaraan tingkat Asia. Perbedaannya dengan format Australs adalah adanya interupsi (Points of Information) yang boleh diajukan antara menit ke-1 dan ke-6 (hanya untuk pidato utama, tidak pada pidato penutup). Format ini juga mirip dengan World Schools Style yang digunakan di WSDC.
Di Indonesia, format ini digunakan dalam ALSA English Competition (e-Comp) yang diselenggarakan (hampir) setiap tahun oleh ALSA LC [Universitas Indonesia].

British Parliamentary ("BP")
Gaya debat parlementer ini banyak dipakai di Inggris namun juga populer di banyak negara, sebab format inilah yang digunakan di kejuaraan dunia WUDC.
 Dalam format ini, empat tim beranggotakan masing-masing dua orang bertarung dalam satu debat, dua tim mewakili Pemerintah (Government) dan dua lainnya Oposisi (Opposition), dengan susunan sebagai berikut:

Opening Government:                  Opening Opposition:
- Prime Minister                     - Leader of the Opposition
- Deputy Prime Minister              - Deputy Leader of the Opposition
Closing Government:                  Closing Opposition:
- Member of the Government           - Member of the Opposition
- Government Whip                    - Opposition Whip
Urutan berbicara adalah sebagai berikut:
1.    Prime Minister - 7 menit
2.    Leader of the Opposition - 7 menit
3.    Deputy Prome Minister - 7 menit
4.    Deputy Leader of the Opposition - 7 menit
5.    Member of the Government - 7 menit
6.    Member of the Opposition - 7 menit
7.    Government Whip - 7 menit
8.    Opposition Whip - 7 menit
Setiap pembicara diberi waktu 7 menit untuk menyampaikan pidatonya. Di antara menit ke-1 dan ke-6, pembicara dari pihak lawan dapat mengajukan interupsi (Points of Information). Bila diterima, pembicara yang mengajukan permintaan interupsi tadi diberikan waktu maksimal 15 detik untuk menyampaikan sebuah pertanyaan yang kemudian harus dijawab oleh pembicara tadi sebelum melanjutkan pidatonya.
Juri dalam debat BP bisa satu orang atau satu panel berjumlah ganjil. Di akhir debat, juri menentukan urutan kemenangan dari peringkat 1 sampai 4 untuk debat tersebut. Dalam panel, keputusan sebisanya diambil berdasarkan mufakat. Bila mufakat tidak tercapai, Ketua Panel akan membuat keputusan terakhir.

Dari informasi yang sudah disampaikan diatas maka dapat ditarik kesimpulan mengenai “Manfaat Debat Bagi Pelajar” yaitu :
1.     Dapat meningkatkan pengetahuan umum mereka mengenai apa-apa saja yang terjadi di dunia ini.
2.     Meningkatkan kemampuan untuk mengutarakan pendapat secara logis, jelas dan terstruktur.
3.     Belajar mendengarkan pendapat yang berbeda dari pihak lain, sehingga mereka dapat mengembangkan pendapat tersebut.
4.     Meningkatkan kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa inggris dimana bahasa ini sangat penting untuk dikuasai karena hal ini sangat bermanfaat bagi masadepan pelajar.

Analisis Sistem Pendidikan






Sistem Pendidikan di Indonesia sekarang sedang memasuki tahap pengembangan sekarang dan untuk masa depan. Tetapi Sistem Pendidikan ini tak luput dari masalah-masalah mengenai pendidikan di Indonesia ini.  
Melalui artikel ini saya akan menyampaikan beberapa hal mengenai analisis saya terhadap Sistem Pendidikan di Indonesia sebagai berikut :

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More